Tujuan
Antar Muka (interface) Pengguna
•
Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
•
Membuat antar muka pengguna menjadi efisien.
•
Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
•
Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
•
Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai
Tipe-tipe
User Interface
•
User interface bahasa alamiah
•
User interface pertanyaan & jawaban
•
User interface menu-menu
•
User interface formulir isian
•
User interface bahasa perintah
•
User interface GUI
(Graphical User Interface)
•
User interface pada web, dll.
User
Interface Bahasa Alamiah
•
Ideal bagi user yang tidak berpengalaman, karena interface
menggunakan bahasa sehari-hari
•
Adanya perbedaan bahasa antara komputer & manusia
sehingga diperlukan penerjemah yang mampu menerjemahkan 2 arah.
User
interface menu-menu
•
Menyediakan daftar pilihan dalam jumlah yang terbatas yang
biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata sehingga pengguna
dapat menetukan pilihannya
•
Jenis berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihannya
–
sistem menu datar
»
menampilkan semua pilihan secara lengkap
–
sistem menu tarik
»
menampilkan daftar pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu
Contoh:
Menu-driven
Applications
Whizz Co
Reporting System :
1. Purchasing Reports
2. Sales Reports
3. Purchasing Data Entry
4. Sales Data Entry
5. System Administration
User
Interface Formulir Isian
Kualitas
tergantung pada tiga aspek
–
Tampilan pada layar yang mencerminkan struktur data masukan
yang diperlukan oleh sistem
–
Kejelasan perancangan & penyajiannya secara visual pd
layar
–
Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan
oleh program lewat berbagai fasilitas pemasukan data yang ada pada borang
User
Interface Bahasa Perintah
Memberi
kemudahan kepada user untuk mengontrol suatu aplikasi dengan serangkaian
tekanan tombol, perintah-perintah, frase atau beberapa rangkaian dari 3
metode ini.
User
Interface GUI
Memungkinkan
adanya manipulasi langsung pada tampilan grafis di layar, yang dapat
diselesaikan dengan inputan dari keyboard, joystick atau mouse.
Arus
Balik untuk User
•
Semua sistem memerlukan arus balik àuntuk memonitor
•
Arus balik pada user dari sistem diperlukan dalam 7
situasi yang berbeda (Kendall & Kendall 2, hal. 216)
•
Contoh: warning, proses, menunggu (wait)
Produktivitas
& Rancangan ergonomis
•
Ergonomis, mengacu pada penerapan data biologis dan teknis
pada suatu masalah yang berkaitan dengan orang-orang dan mesin-mesin yang
mereka gunakan untuk bekerja
•
Variable tempat kerja yang penting untuk dipertimbangkan:
- warna ruang komputer & pencahayaan
- tampilan layar
- keyborad user, mouse
- meja komputer & kursi.
Tipe
Interaksi
Pemilihan
tipe interaksi yang tepat dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog
antara user dengan komputer. Terdapat beberapa tipe interaksi yang umum
digunakan, yaitu :
1.
Command Line Interface (CLI)
Merupakan
bentuk dialog interaktif yang pertama digunakan dan masih dipakai hingga saat
ini. Dengan CLI, user memberikan instruksi secara langsung kepada komputer
menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command dalam bentuk singkat
maupun panjang. CLI memungkinkan user mengakses dengan cepat fungsi sistem dan
beberapa tools.
2. Menu
Pada
menu-driven interface , sekumpulan opsi / pilihan yang tersedia bagi user
ditampilkan pada layar dan dapat dipilh dengan menggunakan mouse atau tombol
numerik maupun alfabetik. Pilihan pada menu harus merepresentasikan arti dan
dikelompokkan berdasarkan suatu kategori agar mudah dikenali dan memudahkan
user memilih sesuai dengan tugas yang akan dilaksanakan.
3.
Natural language
Mungkin
merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya, komputer tidak dapat
mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa sehari-hari. Natural language
dapat mengerti input tertulis (written input) dan suara (speech input). Namun
masih ada kekurangan dalam hal ambiguity (kerancuan) pada aspek sintaks dan
semantik.
4. Q/A
& query dialogue
Merupakan
mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. User diberikan
serangkaian
pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak (Y/N), pilihan
ganda
atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap selama proses
interaksi.
Interface ini mudah dipelajari namun terbatas fungsinya.
5.
Form-fills and spreadsheet
Form-fill
utamanya digunakan untuk aplikasi pemasukan (data entry) dan pencarian (data retrieval)
data. Bentuk form-fill adalah berupa display yang menyerupai selembar kertas
dengan beberapa slot / field untuk diisi. Spreadsheet adalah variasi dari
form-fill. Spreadsheet terdiri dari sel yang dapat berisi nilai atau formula.
6. WIMP
interface (Windows, Icons, Menu, Pointers)
WIMP
merupakan default interface untuk sebagian besar sistem komputer interaktif
yang digunakan saat ini terutama pada PC dan desktop workstation.
Window
merupakan
area layar yang berprilaku seperti terminal independent dan berisi grafik atau
teks yang dapat dipindahkan dan idiubah ukurannya. Satu layar dapat terdiri
dari lebih 1 window yang memungkinkan lebih dari satu tugas aktif pada saat
yang sama. Icon merupakan sebuah gambar kecil yang digunakan untuk
merepresentasikan windows yang sedang berada dalam keadaan tertutup (closed).
Window dapat diaktifkan / diperbesar dengan meng-klik icon yang bersangkutan,
dan sebaliknya jika user tidak menggunakan / mengerjakan tugas pada satu window
tertentu maka dia dapat menon-aktifkan window menjadi icon yang disebut sebagai
iconifying . Menu adalah tehnik interaksi yang umum digunakan bahkan oleh
sistem non-window sekalipun. Menu menampilkan pilihan operasi atau layanan yang
diberikan / tersedia oleh sistem. User dapat memperoleh petunjuk mengenai
operasi apa saja pada sistem melalui menu. Oleh karena itu penamaan pad amenu
haruslah memiliki arti dan informatif. Pointer merupakan komponen yang penting
dalam sistem WIMP karena interaksi pada sistem ini memerlukan aktifitas
menunjuk (pointing) dan memilih (selecting). User diberikan cursor pada layar
yang dapat dikendalikan oleh peralatan input seperti mouse, joystick, ataupun
trackball.
Kesimpulan
:
Jadi
Interface merupakan salah satu media yang digunakan komputer untuk
berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer dikenal dengan GUI
(Graphical User Interface). Dan dalam interaksi manusia dengan Komputer,
Pemilihan tipe interaksi yang tepat sangat diperlukan karena dapat memberikan
efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer.
Sumber :
HYPERLINK
"http://shanbastian.blogspot.com/2011/04/tipe-interaksi-tipe-interaksi.html"http://shanbastian.blogspot.com/2011/04/tipe-interaksi-tipe-interaksi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar